Pedoman dan Materi Pengaduan |
|||
Pengaduan Dugaan Pelanggaran Yang Dilakukan Oleh Hakim dan Pegawai |
|||
A. |
Sumber pengaduan : |
||
|
1. |
Dari masyarakat : |
|
|
|
- |
Para pencari keadilan; |
|
|
- |
Pengacara; |
|
|
- |
Lembaga bantuan hukum; |
|
|
- |
Lembaga swadaya masyarakat; |
|
|
- |
Dewan perwakilan rakyat; |
|
|
- |
Sekretariat kepresidenan dan wakil presiden; |
|
|
- |
Kantor menteri pendayagunaan aparatur negara; |
|
|
- |
Komisi pemberantasan korupsi; |
|
|
- |
Komisi hokum nasional; |
|
|
- |
Komisi ombudsman nasional; |
|
|
- |
Komisi yudisial; |
|
|
- |
Dan lain-lain. |
|
2. |
Pengaduan dari internal lembaga pengadilan. Pengaduan ini ditujukan terhadap aparat lembaga peradilan, yang diajukan oleh warga lembaga peradilan sendiri (termasuk keluarganya) |
|
|
3. |
Laporan kedinasan. |
|
|
|
- |
Laporan kedinasan ini merupakan laporan resmi dari pimpinan lembaga peradilan mengenai aparat pengadilan yang dipimpinnya. |
|
4. |
Informasi dari : |
|
|
|
- |
Instansi lain; |
|
|
- |
Media massa; |
|
|
- |
Isu yang berkembang. |
B. |
Pengaduan ditujukan kepada lembaga peradilan; |
||
C. |
Proses penanganan pengaduan |
||
|
1. |
Pencatatan; |
|
|
2. |
Penelaahan; |
|
|
3. |
Penyaluran; |
|
|
4. |
Pembentukan Tim Pemeriksa; |
|
|
5. |
Survey pendahuluan; |
|
|
6. |
Menyusun rencana pemeriksaan; |
|
|
7. |
Pelaksanaan pemeriksaan |
|
MATERI PENGADUAN |
|||
Materi pengaduan meliputi hal-hal sebagai berikut: |
|||
|
1. |
Pelanggaran terhadap kode etik dan atau pedoman perilaku hakim |
|
|
2. |
Penyalahgunaan wewenang atau jabatan |
|
|
3. |
Pelanggaran sumpah jabatan |
|
|
4. |
Pelanggaran terhadap peraturan PNS atau peraturan disiplin militer |
|
|
5. |
Perbuatan tercela yaitu berupa perbuatan amoral,asusila atau perbuatan-perbuatan yang tidak selayaknya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan, maupun selaku anggota masyarakat |
|
|
6. |
Pelanggaran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman |
|
|
7. |
Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yang bersifat administratif |
|
|
8. |
Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum |
|
PENYELESAIAN PENGADUAN OLEH PENYELENGGARA PELAYANAN PENGADILAN |
|||
|
1. |
Pengadilan wajib memeriksa pengaduan dari masyarakat mengenai pelayanan publik yang diselenggarakannya. |
|
|
2. |
Dalam memeriksa materi pengaduan, penyelenggara wajib berpedoman pada prinsip independen, nondiskriminasi, tidak memihak, dan tidak memungut biaya. |
|
|
3. |
Dalam hal pengadu keberatan dipertemukan dengan pihak teradu karena alasan tertentu yang dapat mengancam atau merugikan kepentingan pengadu, penyelenggara dapat mendengar keterangan pengadu secara terpisah. |
|
|
4. |
Dalam melakukan pemeriksaan materi aduan, penyelenggara wajib menjaga kerahasiaan. |
|
|
5. |
Penyelenggara wajib memutuskan hasil pemeriksaan pengaduan paling lambat 60 (enam puluh) hari sejak berkas pengaduan dinyatakan lengkap. |
|
|
6. |
Keputusan mengenai pengaduan wajib disampaikan kepada pihak pengadu paling lambat 14 (empat belas) hari sejak diputuskan. |